PERBANDINGAN DAYA SAING EKSPOR KAKAO INDONESIA, PANTAI GADING, DAN GHANA 2003-2013

Main Authors: Prasetya, Aries Yoga, Rosjadi, Firman, Setyaningrum, Idfi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3880
https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3880/2985
Daftar Isi:
  • ABSTRACT Indonesia has abundant natural resources resulting in the opening up of great opportunities to be utilized as a huge source of income. Cocoa is one of Indonesia's flagship commodities in International trade. Indonesia is one of the largest exporters of cocoa beans and its products. Indonesia is ranked third largest producer of cocoa beans in the world. Indonesia has a very large production area and also has a huge potential land, the potential can be used in producing cocoa beans, which can increase the number of production and the amount of greater exports so that the competitiveness of cocoa beans and its products increases. The research use Revealed Comparative Advantage (RCA) method, it shows that Indonesia has a competitive advantage over Côte d'Ivoire countries and Ghana which is ranked first and second in the world in most of cocoa beans and the result of its processed products. Keywords: competitiveness, Revealed Comparative Advantage (RCA), cocoa. ABSTRAK Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah mengakibatkan terbukanya peluang yang besar untuk dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan yang besar. Kakao merupakan salah komoditas unggulan Indonesia dalam perdagangan Internasional. Indonesia merupakan salah pengekspor tersebesar biji kakao dan produk olahanya. Indonesia menduduki peringkat ketiga penghasil biji kakao terbesar di dunia. Indonesia memiliki lahan produksi yang sangat besar dan juga memiliki potensi lahan yang sangat besar, potensi tersebut bisa di gunakan dalam memproduksi biji kakao, yang dapat meningkatkan jumlah produksi dan jumlah ekspor yang lebih besar supaya daya saing biji kakao dan produk olahnya meningkat. Dengan peneliatian menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukan bahwa Indonesia memiliki keunggulan daya saing terhadap negara Pantai Gading dan Ghana yang menduduki peringkat pertama dan kedua di dunia di sebagian besar dari biji kakao dan hasil dari produk olahannya. Kata kunci: daya saing, Revealed Comparative Advantage (RCA), kakao