HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA

Main Author: Angelina, Vanessa Shanaz
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3681
https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3681/2799
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pada dasarnya loyalitas diartikan sebagai kesetiaan seseorang dalam terhadap suatu hal.. Dari total populasi sepeda motor, 66% merupakan sepeda motor buatan pabrik Honda. Konsumen dalam hal membeli sepeda motor tak bisa lepas dari citra merek dan kualitas produk. Pada penelitian terdahulu telah dilakukan penelitian yang terkait dengan variabel tersebut, namun peneliti kali ini ingin memfokuskan pada produk sepeda motor Honda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya hubungan antara citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda (2) mengetahui ada tidaknya hubungan citra merek dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda (3) mengetahui ada tidaknya hubungan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan memiliki sepeda motor Honda yang berada di Kota Probolinggo. Sampel penelitian berjumlah 147 subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket yang berisi angket terbuka dan tertutup dari loyalitas pelanggan, citra merek dan kualitas produk. Hipotesis penelitian diuji dengan pearson jika sebaran data normal dan linier. Kemudian untuk analisis ketiga variabel menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara citra merek dangan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda r = 0,371 (p <0,05) da nada hubungan antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan produk sepeda motor Honda r = 0,234 (p <0,05) serta ada hubungan antara citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda r = 0,613 (p <0,05). Kesimpulannya adalah maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara citra merek dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sepeda motor Honda. Implikasi dari penelitian ini, perusahaan dapat meningkatkan kemampuan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, dan meningkatkan mutu dalam memberikan service kepada pelanggan. Sehingga pelayan tetap loyal kepada perusahaan Honda. Kata Kunci: Citra merek, Kualitas produk, Loyalitas pelanggan, produk sepeda motor Honda.