STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI, MINAT, DAN MOTIVASI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS SURABAYA TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK

Main Authors: Sarintohe, Vordina Victomaria, Harindahyani, Senny
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3659
https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3659/2779
Daftar Isi:
  • INTISARI: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dari persepsi, minat dan motivasi mahasiswa terhadap profesi akuntan publik. Jenis penelitian yang digunakan adalah applied research dengan metode pendekatan triangulasi. Teknik pengumpulan data pertama yang dilakukan penulis adalah dengan pendekatan kuantitatif yaitu melalui penyebaran kuisioner dengan metode quota sampling dan yang kedua adalah dengan pendekatan kualitatif yaitu melalui wawancara dengan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan persepsi, minat, dan motivasi antara mahasiswa junior dan senior terhadap profesi akuntansi. Hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan informasi atau pengetahuan yang diterima oleh mahasiswa junior dan senior. Oleh karena itu dibutuhkan peranan dosen untuk membangun persepsi, minat, dan motivasi mahasiswa terhadap profesi akuntan publik. Kata Kunci: Persepsi mahasiswa, minat mahasiswa, motivasi mahasiswa, peranan dosen ABSTRACT: This research aims to find out how the picture of the perception, interest, and motivation of students towards the profession of public accountants.The type of research used is applied research with triangulation approach method. The first data collection technique done by the writer is with quantitative approach that is through the distribution of questionnaires with quota sampling method and the second is with qualitative approach that is through interview with snowball sampling method.The result of the research shows the difference perception, interest, and motivation between junior and senior students toward the profession of public accountants. This is due to differences in information or knowledge received by junior and senior students. Therefore, it takes the role of lecturers to build the perception, interest, and motivation of students to the profession of public accountants. Keywords: Student perception, student interest, student motivation, lecturer role.