STUDI DESKRIPTIF PENERPAN SERVICESCAPES PADA RESTORAN WAROENG BAMBOE KOTA BATU MENURUT PERSEPSI KONSUMEN

Main Author: Angelina, Sherend Lia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2013
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/353
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/353/220
Daftar Isi:
  • Servicescape berperan penting dalam kemajuan hubungan perusahaan dengan konsumen maupun karyawan, produk dan jasa di desain menjadi satu kesatuan yang memberikan image tertentu sehingga mampu menarik reaksi emosional konsumen, karena itu servicescape sangat penting dalam pembentukan kesan atau awal dalam membentuk harapan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap servicescapes pada restoran Waroeng Bamboe Kota Batu, dengan menggunakan 3 dimensi dari servicescapes yaitu ambient conditions; spatial layout and functionality; sign, symbol and artifacts. Target populasi yaitu responden pria dan wanita yang pernah makan di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu. Berdomisili baik di Batu dan luar kota Batu, pendidikan minimal SMA atau sederajat. Memiliki karakteristik populasi yaitu pelanggan yang pernah makan di restoran Waroeng Bamboe minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan Statistik Deskriptif yakni antara lain Mean (rata-rata), Standard Deviation (simpangan baku), Koefisien Varians. Dari hasil penelitian didapatkan hasil nilai rata-rata hitung tertinggi ditunjukkan oleh dimensi Ambient Conditions terutama ditunjukkan oleh indikator kesejukan udara di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu. Responden merasakan udara di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu sejuk dan membuat responden nyaman berada di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu.