MOTIVASI WISATAWAN SURABAYA BERBAGI PENGALAMAN WISATA MELALUI MEDIA SOSIAL
Main Author: | Juliando, Gerald |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Surabaya
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3199 https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3199/2349 |
Daftar Isi:
- Intisari - Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan motivasi yang mendorong wisatawan Surabaya untuk membagi pengalaman berwisatanya saat berada di Luar Pulau Jawa, Madura dan Bali melalui media sosail. Media Sosial yang dipilih terbagi menjadi delapan jenis media sosial antara lain Instagram, Facebook, email, dll. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan domestic yang bertempat tinggal di Surabaya dan pernah melakukan perjalanan wisata di Luar Pulau Jawa, Madura dan Bali. Dipilihnya responden tersebut dimaksudkan agar informasi atau data yang didapat untuk kebutuhan penelitian sesuai dengan kenyataan (obyektif). Aras yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis aras yaitu interval. Pengumpulan data berasal dari data primer yaitu dengan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sampel yang ditetapkan dalam peenelitian ini sejumlah 150 responden. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,statistik deskriptif, dan tabulasi silang dengan statistic uji chi-square pada signifikansi 0,05 % (p<0,05) dengan menggunakan program SPSS 20.0 Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa ada motivasi yang mendorong wisatawan Surabaya untuk membagi pengalaman wisatanya di Luar Pulau Jawa, Madura dan Bali melalui media sosial. Dimensi yang memiliki frekuensi setuju tertinggi adalah community-related motivations dengan pernyataan setuju tertinggi pada pernyataan saya ingin menolong orang lain. Kata kunci: Media Sosial, Wisatawan, Sharing Motivation Abstract - The purpose of this research is to encourages Surabaya tourist to share their experiences Java, Madura, and Bali through social media. There are eight types of social media such as instagram, facebook, email ect. Target market used in this research were domestic travelers who reside in Surabaya and had experience to travel outside Java, Madura and Bali. The intended respondent were choosen so that the information or collected data obtained consistent with the fact (objective). Aras used in this study using a type of cedar that interval. The collection of data derived from primary data by distributing questionnaires distributed to respondents. Sample set forth in this penelitian total of 150 respondents. Data processing method used in this study include use validity, reliability test, descriptive statistics and cross tabulation with the chi-square test statistic at 0.05% (p <0.05) using SPSS 20.0 This research showed that there is a motivation that encourages travelers to share their tourism experiences outside Java, Madura and Bali through social media. . Dimensions that have the highest agree frequency is community-related motivations with the highest agreed statement is I want to help others. Keywords: social media, tourist and Sharing Motivation