HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN FLOW AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA
Main Author: | Putri, Endah Mustikaningsih Rahaju |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Surabaya
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2768 https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2768/2110 |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar matematika memiliki peran penting sebagai ukuran kemampuan atau kompetensi seorang pelajar dalam mata pelajaran matematika. Pemcapaian prestasi belajar matematika tersebut tidak dapat dilepaskan dari faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan flow akademik dengan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPA dengan jumlah sampel 230 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dan teknik analisis data menggunakan regresi ganda dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan sosial dan flow akademik secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika (R = 0.178; R Square = 0.032). Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan ada hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar matematika (p = 0.032) kecuali aspek informational dan instrumental support. Flow akademik memiliki korelasi signifikan dengan prestasi belajar matematika (p=0.019) kecuali aspek enjoyment. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial (faktor ekternal) dan flow akademik (faktor internal) berhubungan dengan prestasi belajar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal dalam pembelajaran berperan terhadap prestasi belajar matematika.