PERANCANGAN PENGUKURAN DAN PERBAIKAN KINERJA LOGISTIK DI PERUSAHAAN EKSPEDISI PT XYZ SURABAYA

Main Author: Diyawati, Ridzky
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2018
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2472
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2472/1951
Daftar Isi:
  • PT XYZ Surabaya, salah satu perusahaan ekspedisi di Surabaya, mengukur kinerjanya dengan cara tradisional yaitu dengan melihat satu aspek saja yaitu dari status pengiriman barang sehingga tidak dilakukan perbaikan-perbaikan di aspek lainnya. Oleh karena itu perusahaan perlu merancang sistem pengukuran kinerja dan meningkatkan kinerja dengan menggunakan pendekatan logistic scorecard. Pendekatan logistic scorecard ini diawali dengan perancangan logitic rangescore, pengukuran kinerja logistik tiap perspektif dan pengukuran kinerja logistik secara keseluruhan. Pada periode 1, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai nilai 3,523. Pada periode 2, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai nilai 3,804. Pada periode 3, hasil kinerja logistik secara keseluruhan mencapai 3,542. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis faktor KPI yang harus diperbaiki dengan menggunakan analisis gap dan fault tree analysis. Berikutnya adalah menentukan prioritas perbaikan kinerja untuk PT XYZ Surabaya menggunakan quality function deployment dengan perbaikan yang diprioritaskan adalah mengadakan pelatihan secara berkala pada karyawan-karyawan yang dimiliki. Pelatihan secara berkala pada karyawan ini dilakukan untuk memperbaiki kinerja banyak KPI seperti kecepatan sortir, ketepatan sortir, rata-rata waktu penanganan komplain, persentase barang yang dikirim ulang, jumlah komplain yang masuk dan persentase komplain yang tertangani. Setelah melakukan penentuan prioritas perbaikan, langkah selanjutnya adalah menyusun action plan untuk menentukan person in charge dalam setiap usulan perbaikan dari peneliti.