STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI ARANG PUTIH MELALUI BISNIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN EKSPOR INDONESIA DIERA GLOBAL (Studi Pada CV. SATOJO ANUGERAH SUKSES) TAHUN 2017
Main Author: | Kweenedy, Cindy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Surabaya
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2439 http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2439/1923 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mencermati faktor- faktor internal dan eksternal yang dapat yang dapat mendukung maupun menghambat perkembangan CV. Satojo Anugerah Sukses, sesuai dengan analisis SWOT, kemudian menentukan strategi terkait pengembangan arang putih melalui bisnis online untuk meningkatkan ekspor di era global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang digunakan berupa data sekunder dan primer. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Satojo Anugerah Sukses memiliki banyak potensi yang dapat mendukung penjualan produknya terutama dengan menggunakan media online dalam pemasarannya, CV. Satojo memiliki sumber daya bahan baku untuk membuat arang putih juga menjadi faktor pendukung. Hambatan dalam usaha ini adalah struktur perusahaan yang kurang tertata sehingga pemasaran kurang optimal, metode pembayaran kurang bervariatif. Selain itu, ancaman habisnya bahan baku, barang hilang akibat pengiriman, nilai tukar rupiah menguat, pesaing baru, bencana alam juga menjadi faktor penghambat pengembangan CV. Satojo Anugerah Sukses. Melalui hasil temuan, kemudian diformulasikan kedalam matriks SWOT dan ditemukan beberapa strategi.