STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN SERVICESCAPE PADA RESTORAN CRAB N CHEF SEAFOOD RESTAURANT MENURUT PERSEPSI KONSUMEN
Main Author: | Septhian, Vicko |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2152 http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2152/1702 |
Daftar Isi:
- Servicescape merupakan lingkungan buatan (built environment). Servicescape dapat dibagi pada tiga dimensi utama, yaitu: kondisi sekitar (ambient condition), tata ruang dan fungsional (spatial layout and functionally) serta tanda-tanda, simbol dan artefak (signs, symbols and artefacts). Salah satu perusahaan dalam bidang kuliner yang mengaplikasikan servicescape pada bisnisnya adalah Crab N Chef Seafood Restaurant, yaitu restoran berkonsep “Kapal Laut” yang menyediakan berbagai jenis menu seafood. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap servicescape di Crab N Chef Seafood Restaurant. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada perusahaan untuk mengetahui lebih lanjut gambaran persepsi konsumen terhadap servicescape di Crab N Chef Seafood Restaurant. sampel yang akan digunakan adalah sebanyak 100 orang responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tanggapan responden terhadap Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant berada pada kategori “Baik”. Dari ketiga dimensi yang menjelaskan Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant, dimensi Spatial Layout and Functionality merupakan dimensi yang paling berkontribusi dalam membentuk Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant karena memiliki nilai mean paling tinggi dari kedua dimensi Servicescape lainnya yang dari Crab N Chef Seafood Restaurant, yaitu sebesar 3,62.