PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN PERCEIVED RISK DAN GREEN TRUST TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION LAMPU PHILIPS LED DI SURABAYA

Main Author: Pratama, M. Ashar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2014
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1564
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1564/1280
Daftar Isi:
  • Berkembangnya industri dan teknologi saat ini menimbulkan dampak negatif yang memberikan sumbangan besar terhadap terjadinya pemanasan global. Dengan adanya dampak negatif tersebut mendorong masyarakat untuk menerapkan green consumerism. Meningkatnya kesadaran masyarakat ini memberikan tantangan bagi perusahaan untuk menerapkan strategi green marketing dengan menciptakan green product seperti yang dilakukan oleh Philips dengan menjawab tantangan ini dengan menciptakan lampu Philips LED dengan tujuan meningkatkan keunggulan kompetitifnya atas pesaing-pesaing yang ada melalui terbentuknya minat beli konsumen terhadap produk ramah lingkungan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh green perceived value dan green perceived risk terhadap green trust, serta green perceived value, green perceived risk, dan green trust terhadap green purchase intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pengolahan structural equation model (SEM) dengan software AMOS 21.0. Data yang digunakan berupa data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada responden yang berjumlah 100 responden sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel adalah dengan   non probability sampling dengan menerapkan metode convenience sampling. Penelitian ini menunjukkan hasil adanya pengaruh positif dan signifikan green perceived value terhadap green trust dan green trust terhadap green purchase intention konsumen terhadap lampu Philips LED di Surabaya.  Hasil lainnya adalah tidak adanya pengaruh dari green perceived risk terhadap green trust lampu Philips LED serta tidak ada pengaruh green perceived value dan green perceived risk secara langsung terhadap green purchase intention lampu Philips LED di Surabaya.