STUDI DESKRIPTIF SHOPPING MOTIVATION MASYARAKAT SURABAYA DI PUSAT PERBELANJAAN TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

Main Author: Mulyani, Lilia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2014
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1538
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1538/1256
Daftar Isi:
  • Belanja bukan sebagai beban melainkan sebagai hal yang menyenangkan dan dapat menikmati aktivitas belanja yang dilakukan hal ini dapat mendorong terbentuknya shopping motivation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belanja masyrakat Surabaya pada saat berbelanja di Tunjungan Plaza Surabaya. Menurut Bloch.et.al (1994), konsep Shopping Motivation ini dapat dikelompokkan menjadi tujuh dimensi yaitu Aesthetis, Convenience, Escape, Exploration, Flow, Role Enactment, dan Social. Penelitian ini dilakukan di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 130 orang dengan cara pengambilan sampel convenience sampling. Profil responden dan deskripsi jawaban responden diuji dan diolah dengan menggunakan analisa SPSS. Program SPSS yang digunakan adalah IBM SPSS Statistics version 18.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Social Dimensions lebih dominan dibandingkan dengan dimensi yang lainnya. Hal ini dapat dijelaskan bahwa mayoritas masyarakat Surabaya yang mengunjungi pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya adalah untuk meluangkan waktu bersama keluarga atau teman, saling berinteraksi dengan orang lain dan untuk menjalin kebersamaan dengan keluarga atau teman.