STUDI DESKRIPTIF DESTINATION IMAGE BANDUNG MENURUT PERSEPSI WISATAWAN DOMESTIK YANG TINGGAL DI SURABAYA

Main Author: Wiradinata, Andhy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2014
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1462
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1462/1179
Daftar Isi:
  • Pariwisata merupakan salah satu industri terbesar yang paling berpengaruh di dunia. Pariwisata berkembang menjadi industri pariwisata baik antar daerah atau negara. Kunjungan wisatawan mancanegara di Jawa Barat terbesar kedua setelah pulau dewata Bali. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung merupakan kota metropolitan terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya dengan jumlah objek wisata terbanyak di provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan domestik asal Surabaya terhadap destination image Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di Bandung dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Identitas responden dan deskripsi jawaban responden diuji dan diolah menggunakan program IBM SPSS Statistic version 18.0. Dari hasil penelitian dapat diartikan bahwa wisatawan domestik asal Surabaya memiliki persepsi yang positif terhadap destination image di Bandung. Total rata-rata tertinggi adalah Attraction Dimensions dan rata-rata terendah adalah Infrastructure Dimensions. Berdasarkan pada elemen yang memiliki nilai tertinggi adalah pernyataan bahwa Bandung memiliki fasilitas belanja yang baik, sedangkan untuk rata-rata terendah ada pada pernyataan bahwa Bandung memiliki kualitas infrastruktur yang baik (Jalan, Bandara, dan Fasilitas Umum).