PENGARUH SERVICE CONVENIENCE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION KANTOR POS SIMPANG JALAN TAMAN APSARI NO.1 DI SURABAYA
Main Author: | Mandiri, Avedo Satya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Perpustakaan Universitas Surabaya
, 2014
|
Online Access: |
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1459 http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1459/1176 |
Daftar Isi:
- Jasa pengiriman lokal yang terdapat di Indonesia ada tiga antara lain PT Pos Indonesia, TIKI dan JNE. Dari ketiga perusahaan tersebut PT Pos Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan BUMN. Salah satunya adalah Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1 yang terdapat pada kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service convenience terhadap customer satisfaction Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1, Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Target populasi adalah pelanggan yang pernah menggunakan layanan di Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1, Surabaya sebanyak dua kali dalam enam bulan terakhir. Karakteristik populasi adalah responden pria atau wanita, minimal pendidikan SMA, bertempat tinggal di Surabaya, pernah mengunjungi dan menggunakan layanan Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1 di Surabaya, pernah memiliki masalah atau pertanyaan terhadap layanan yang diberikan oleh Kantor Pos Simpang. Penelitian ini menggunakan aras pengukuran interval, yaitu suatu pengukuran yang mempunyai jarak yang sama dan selisih yang jelas. Jenis skala pengukuran yang digunakan adalah numerical scale yang menggunakan lima tingkatan pilihan jawaban yang sudah tersedia disetiap pernyataan yang terdapat pada kuesioner. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa service convenience Kantor Pos Simpang Jalan Taman Apsari No 1, Surabaya mempunyai pengaruh terhadap customer satisfaction.