SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN APOTEK “X” BERBASIS WEB

Main Author: Tiono, Wenny Jayani Halim
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2015
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1237
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1237/1008
Daftar Isi:
  • Apotek “X” merupakan salah satu bisnis yang berlokasi di kota Manado yang akan dibuat oleh seorang Apoteker yang sedang menempuh pendidikan S2 di bidang farmasi. Apotek yang dibuat nantinya tidak hanya dapat melayani penukaran resep obat dan jual beli obat saja, tetapi juga akan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) dalam bisnisnya guna memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Apotek “X” memberikan layanan kepada pelanggan guna menjaga hubungan dengan pelanggan, seperti layanan pesan antar, diskon, dan konsultasi. Layanan-layanan yang diberikan tersebut dijalankan secara konvensional dengan menggunakan teknologi e-mail dan telepon. Kesimpulan dari pembuatan sistem informasi ini adalah sistem ini dapat membantu Apotek dalam menjalankan operasional Apoteknya, memberikan layanan terhadap pelanggan guna menjaga hubungan dengan pelanggan, dan mengolah data yang tersimpan menjadi laporan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan sistem lebih lanjut adalah pembuatan pattern recognition yang dapat mem-forecasting permintaan pelanggan dan pengintegrasian dengan aplikasi mobile pada sistem operasi Android/IOS.