Studi Deskriptif Perilaku Konsumen Layanan E-ticketing Pada Bisnis Penerbangan Low Cost Carrier (LCC) Di Surabaya
Main Author: | ANGYANAN, SHEYLA |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/9288/1/M_5210_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230187 http://repository.ubaya.ac.id/9288/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perilaku Konsumen di Surabaya dalam menggunakan layanan e-ticketing pada bisnis penerbangan low cost carrier (LCC) dengan menggunakan elemen who is the buyer, what brand they buy, who influences in the buying, why they buy, when they buy, how often they buy, how often they consume, how they evaluate it after the purchase. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang pernah membeli dan menggunakan layanan e-ticketing pada bisnis penerbangan low cost carrier (LCC) di Surabaya dalam 1 tahun terakhir minimal 2 kali, membeli dan menggunakan jasa penerbangan low cost carrier (LCC) dengan layanan e-ticketing untuk kepentingan pribadi, berdomisili di Surabaya, dengan pendidikan terakhir minimal SMA. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabel frekuensi, tabel persentase diagram batang, dan tabulasi silang. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa responden pengguna layanan e-ticketing pada bisnis penerbangan low cost carrier (LCC) terbanyak adalah perempuan, berusia antara 17-22 tahun, dengan tingkat pendidikan terakhir S1, dan pekerjaan saat ini sebagai pelajar/mahasiswa. Responden biasanya menggunakan layanan e-ticketing pada saat liburan dengan alasan menggunakan layanan e-ticketing karena praktis. Pihak paling berpengaruh terhadap penggunaan layanan e-ticketing yaitu diri sendiri. Responden biasanya sering melakukan pembelian dan bepergian dengan membeli tiket menggunakan layanan e-ticketing antara 2-4 kali dalam 1 tahun terakhir. Dari alasan evaluasi setelah menggunakan layanan e-ticketing, diketahui bahwa sebagian besar responden merasa puas setelah menggunakan layanan e-ticketing dikarenakan hemat waktu dan praktis.