Studi Deskriptif Perilaku Konsumen Sepeda FIXIE Non Perakitan di Surabaya
Main Author: | GUNADI, MICHAEL TANAKA |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/9204/1/M_5183_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/229901 http://repository.ubaya.ac.id/9204/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku konsumen sepeda Fixie non rakitan di Surabaya dalam membuat keputusan pembelian dengan menggunakan elemen what they buy, who is the user, who influence their choice, why they buy, when they use, where they buy, how often they use, how they know about this product dan how they evaluate it after purchase. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang membeli dan menggunakan sepeda Fixie non rakitan di Surabaya. Alasan pemilihan responden adalah informasi atau data yang di dapatkan untuk kebutuhan penelitian sesuai dengan kenyataan (objektif). Karakteristik populasi yang digunakan adalah pria dan wanita, pendidikan terakhir minimal SMA (lulus SMA), membeli dan menggunakan sepeda Fixie non rakitan 1 tahun terakhir, bertempat tinggal di Surabaya. Aras dan skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah aras nominal. Pemakaian skala nominal ini menunjukkan bahwa variasi nilai dari variabel yang diukur tidak menunjukkan jarak (interval) maupun tingkat (rangking) antara kategori-kategori dalam pengukuran variabel tersebut. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah : Tabel frekuensi, Tabel persentase diagram batang. Dari hasil penelitian didapatkan hasil Merek sepeda yang paling banyak digunakan adalah Polygon, Pihak yang paling banyak mempengaruhi responden dalam membeli dan menggunakan sepeda Fixie adalah teman, alasan utama responden dalam membeli dan menggunakan sepeda Fixie adalah mengikuti trend, waktu responden paling banyak menggunakan sepeda Fixie adalah sore hari, tempat responden paling banyak membeli sepeda Fixie adalah di toko sepeda, frekuensi responden paling sering menggunakan sepeda Fixie adalah setiap hari, Sumber informasi mengenai sepeda Fixie paling banyak berasal dari teman dan perasaan setelah menggunakan sepeda Fixie paling banyak adalah merasa puas.