Profil Kebutuhan dan Pelaksanaan Tugas Asisten Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Studi Deskriptif)

Main Author: Yunita, Ella
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: Fakultas Psikologi Ubaya , 2004
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151983
http://repository.ubaya.ac.id/8295/
Daftar Isi:
  • Kurikulum di Perguruan Tinggi yang padat dengan waktu yang terbatas menuntut adanya asisten mahasiswa untuk membantu dosen dalam menjalankan proses belajar mengajar di kelas. Sesuai dengan pedoman asistensi, tugas asisten mahasiswa adalah memahami SAP, menjadi perantara antara dosen dengan mahasiswa, mengadakan kelas asistensi sesuai dengan jadwal yang telah disepakati, menjelaskan kembali materi kuliah yang tidak dipahami oleh mahasiswa, memberikan latihan atau tugas kepada mahasiswa, memberikan penilaian atau feedback terhadap tugas yang diberikan serta menjadi pengawas ujian. Tugas yang diberikan tersebut harus dilaksanakan hingga perkuliahan berjalan efektif. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan tugas serta kebutuhan asisten mahasiswa yang didasarkan Teori Kebutuhan Murray. Studi deskriptif ini dilaksanakan dengan mengungkap data melalui angket yang dibagikan kepada 56 subyek dimana subyek adalah mahasiswa yang tercatat sebagai asisten mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu bahwa tugas yang belum mampu dilaksanakan oleh seluruh asisten mahasiswa adalah tugas sebagai perantara antara dosen dengan mahasiswa. Juga didapat bahwa tidak semua asisten mahasiswa memahami SAP. Kebutuhan yang muncul adalah need of order, need of nurturance, need of achievement serta need of deference. Saran bagi penelitian ini adalah agar pihak fakultas mengadakan evaluasi dengan asisten mahasiswa dan menumbuhkan kesadaran asisten terhadap pentingnya pemahaman SAP.