Pembuatan Aplikasi Game 3D First Person Shooting

Main Author: Sentanu, Dwi Otto
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: Fakultas Teknik Ubaya , 2005
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137361
http://repository.ubaya.ac.id/8209/
Daftar Isi:
  • Pengembangan game 3D adalah pengembangan teknologi yang berdasarkan ilmu pengetahuan. Banyak bidang ilmu yang terlibat dalam proses pengembangannya, antara lain: matematika, grafika komputer, kecerdasan buatan, seni, dan lain sebagainya. Pada kenyataannya terdapat sedikit sekali literatur yang menjelaskan bagaimana game 3D dikembangkan. Terdapat banyak sekali library dan software development kit yang mensupport pembuatan game 3D. Di antara library grafik yang populer adalah DirectX dari Microsoft dan OpenGL. Penggunaan DirectX sebagai pustaka grafik banyak digunakan oleh game 3D komersial yang ada di pasaran. Dengan bantuan software development kit yang mengakses fungsi-fungsi DirectX menyebabkan pengembangan game 3D dapat lebih mudah dilakukan. Selain itu, terdapat banyak media-media dan objek-objek 3D yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk game 3D. Akan tetapi, jarang sekali contoh program yang dipublikasikan dapat dipahami oleh masyarakat awam. Game 3D First Person Shooting adalah game 3D dengan tampilan menggunakan perspektif orang pertama. Proses-proses pembuatan tugas akhir ini dapat digunakan untuk menjelaskan konsep pembuatan game 3D. Konsep pembuatan kamera diantaranya adalah konsep transformasi kamera, konsep matrix sebagai daratan/terrain dan konsep transformasi objek Semua proses yang terjadi dalam pembuatan game 3D adalah proses yang dapat dipahami secara konseptual. Dengan menggunakan library dan bahasa pemrograman DarkBasic, dapat dijelaskan konsep pembuatan game 3D dengan lebih mudah.