Penerapan Audit Operasional untuk Mengevaluasi Efektivitas Pengendalian Internal Aktivitas Penjualan pada PT. X di Surabaya

Main Author: ANDRIANI, SHEILA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/235099
http://repository.ubaya.ac.id/7845/
Daftar Isi:
  • Pada masa era globalisasi saat ini, mendorong perusahaan manufaktur di Indonesia untuk dapat terus bersaing dengan kompetitor lain. Agar dapat bertahan dan menonjol di dunia bisnis yang ditekuninya badan usaha akan berusaha menerapkan berbagai kebijakan dan strategi untuk dapat bersaing. PT. X merupakan salah satu badan usaha manufaktur yang memproduksi korek api kayu dengan berbagai merk. Dalam strategi PT. X agar dapat bersaing dengan kompetitor lain, PT. X perlu memperhatikan pengendalian internalnya untuk menjamin tercapainya tujuan badan usaha. Maka dari itu PT. X perlu melaksanakan audit operasional untuk membantu menilai efektivitas pengendalian internal yang dimiliki, sehingga badan usaha dapat mengetahui apa saja yang dapat menghambat efektivitas aktivitas penjualan PT. X di Surabaya. Audit operasional ini dimulai dengan tahap pre-liminary survey yang bertujuan untuk mengetahui gambaran umum badan usaha, dilanjutkan tahap evaluasi terhadap pengendalian internal berdasarkan COSO framework. Dari tahapan tersebut akan diperoleh hasil berupa pengetahuan mengenai area-area mana saja yang dapat dikategorikan sebagai critical problem area untuk diaudit lebih dalam. Pada PT. X, yang merupakan critical problem area adalah tidak adanya pemisahan fungsi penjualan dan penagihan, aktivitas pembuatan dan pengarsipan dokumen, tempat penyimpanan inventory, dan tidak adanya standard badan usaha tertulis. Hasil pekerjaan lapangan menghasilkan temuan audit dan dilakukan pengembangan yang bertujuan memberikan rekomendasi pada tahap pelaporan untuk improvement yang dapat dilakukan oleh pihak manajemen. Perbaikan ini bertujuan agar aktivitas-aktivitas terkait proses penjualan pada PT. X di Surabaya semakin efektif dalam mencapai tujuannya.