Pembuatan Aplikasi E-merchandising Untuk Sistem Permintaan Dan Penyediaan Souvenir Berbasis Web Di Universitas X
Main Author: | PUTURUHU, AMELIA ILANDA |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Fakultas Teknik UBAYA
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234599 http://repository.ubaya.ac.id/7674/ |
Daftar Isi:
- Direktorat Marketing and Public Relation Universitas “X” merupakan salah satu direktorat pada Universitas “X” yang berfungsi melayani permintaan dan penyediaan material promosi. Material promosi adalah benda-benda yang dibagikan kepada konsumen dengan maksud mempromosikan sebuah organisasi atau perusahaan tertentu. Material promosi yang disediakan oleh Direktorat Marketing and Public Relation antara lain plakat, souvenir masal, brosur, poster, serta spanduk yang bertujuan mempromosikan Universitas “X” kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk strategi pemasaran. Saat ini semua pencatatan transaksi dan proses perhitungan transaksi masih menggunakan sistem paper based, mulai dari pencatatan pemesanan barang kepada supplier, penerimaan barang, pembayaran, retur, serta layanan permintaan, penyediaan, pemanfaatan souvenir. Dari sistem tersebut terdapat beberapa masalah antara lain diperlukan waktu yang cukup lama dalam perhitungan transaksi pembelian serta layanan permintaan, penyediaan, pemanfaatan souvenir sehingga mengakibatkan pegawai kesulitan untuk membuat laporan yang akurat untuk melihat ketersediaan stok material promosi. Dengan adanya aplikasi e-merchandising ini, proses pencatatan, penyimpanan, dan pencarian data, dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Kesalahan-kesalahan penghitungan dan penginputan dapat diminimalisasi. Selain itu, penyimpanan data dapat lebih terorganisir. Penyusunan laporan juga dapat dilakukan secara mudah dan akurat. Dengan adanya laporan yang dibuat secara mudah, staf Direktorat Marketing and Public Relation lebih mudah dalam menganalisa data dan menghasilkan keputusan yang tepat bagi kemajuan universitas.