Pengembangan Industri Kecil Dan Menengah Di Jawa Timur Dan Strategi Pengembangannya Tahun 2010-2011

Main Author: RAHMADHANY, ARINDA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234914
http://repository.ubaya.ac.id/7646/
Daftar Isi:
  • IKM di Jawa Timur mempunyai potensi aneka produk dan mampu menyerap banyak tenaga kerja serta memberikan sumbangan terhadap PDRB dan laju pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. Hanya saja permasalahn yang dihadapi cukup banyak, seperti keterbatasan modal, keterbatasan informasi, kemasan produk yang kurang menarik,kesulitan memasuki pasar, dan lain-lain. IKM di Jawa Timur saat ini berjumlah 782.965 unit IKM yang tersebar di 38 Kabupaten/Kota. Berdasarkan analisis SWOT maka strategi yang tepat untuk mengembangkan IKM adalah : (1) Memaksimalkan kemitraan antara IKM dengan PKBL-BUMN, CSR-BUMD, dan CSR-BUMS; (2) Meningkatkan kucuran kredit untuk IKM dengan bunga lunak (Bank Jatim & BPR Jatim) serta agunan JAMKRIDA; (3) Bantuan pengurusan sertiflkat ISO, Eco Labelling, HaKI, HACCP, dan peniadaan surcharge pelabuhan untuk IKM;(4) Keringanan pajak untuk IKM, khususnya IKM yang berada di fase pendirian dan fase pertumbuhan; (5) Pendidikan dan pelatihan manajemen pembelian dan supply chain sebagai sumber penciptaan laba IKM; (6) Pendidikan dan pelatihan manajemen pemasaran relasional dalam rangka menghadapi lingkungan bisnis yang bergolak; (7) Pendidikan dan pelatihan tentang mutu produk, kemasan produk, dan strategi penetapan harga bersaing pasar; (8) Pendidikan dan pelatihan tentang analisis pasar domestik dan mancanegara.