Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance Pada Program Corporate Social Responsibility Hotel X Di Kupang

Main Author: YAPITER, MARTINA PRESCILA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234536
http://repository.ubaya.ac.id/6972/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada program Corporate Social Responsibility Hotel X di Kupang. sehingga Hotel dapat memiliki kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta dapat menyadari bahwa kegiatan yang dilakukan adalah salah satu bentuk pelaksanaan Corporate Governance. Konsep Corporate Governance sendiri merupakan bagian pedoman dalam melaksanakan Good Corporate Governance sehingga ketika peraturan dari pemerintah yang berkaitan dengan Corporate Social Responsibility muncul, maka Hotel sudah memahami dan melaksanakan tanggung jawab tersebut, jadi Hotel tidak hanya melaksanakan Corporate Governance sebagai bentuk ketaatan, tapi juga karena sudah ada kesadaran dari Hotel X sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode interview, analisis dokumen dan observasi. Penelitian ini ditekankan pada implementasi Good Corporate Governance yang telah dilakukan perusahaan yang dikaitkan dengan praktek-praktek Corporate Social Responsibility yang telah dilakukan perusahaan. Dimana dalam penelitian ini menjelaskan gambaran umum perusahaan, struktur organisasi, aturan-aturan dan kebijakan Hotel X dan memperlihatkan keunikan dari penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada program Corporate Social Responsibility Hotel X yang telah ada dengan industri lainnya . Adanya Good Corporate Governance di dalam program Corporate Social Responsibility agar dapat mengatur dan mengendalikan badan usaha untuk menciptakan nilai tambah (value added) yang membuat suatu tata kelola hotel yang baik yang terstruktur oleh stakeholder, shareholder dan manajer demi mencapai tujuan Hotel serta lebih terarah, fokus dan terstruktur untuk menjadi lebih baik dari tahun ke tahunnya terhadap program-program CSR bagi masyarakat.