Analisis Kepuasan Konsumen di PT. Multi Color Indah Indonesia dengan Memperhatikan Faktor Quality, Cost, dan Delivery

Main Author: ., Fransiska
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: Fakultas Teknik UBAYA , 2001
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136386
http://repository.ubaya.ac.id/4576/
Daftar Isi:
  • Saat ini di Surahaya terdapat hanyak perusahaan jasa yang melayani pelapisan baja. Salah satu dari perusahaan tersebut adalah PT.MULCINDO yang terletak di jalan Rungkut Industti II/6. PT.MULCINDO menerima pekerjaan Hot Dip Galvanis dan Electro Plating (UCP) dari konsumen. Dengan semakin banyaknya perusahaan jasa pelapisan baja, maka persaingan yang terjadi semakin ketat. Karena itu, perusahaan dituntut untuk memberikan pekerjaan herupa produk tanpa cacat dan pelayanan yang dapat memuaskan konsumennya. Untuk menilai kepuasan konsumen diperlukan analisis kepuasan konsumen dengan tujuan perusahaan dapat mengetahui bagaimana kinerjanya selama ini. Pada penelitian ini, kepuasan konsumen ditinjau dari tiga faktor, yaitu faktor Quality, Cost, dan Deliver: Konsumen dibedakan menjadi 2(dua) sesuai dengan jenis jasa yang diberikan perusahaan, yaitu konsumen Hot Dip Galvanis dan konsumen Electro Plating (UCP). Hasil yang diperoleh adalah ketiga faktor tersebut menyebabkan konsumen tidak puas. Setelah dianalisis lcbih lanjut, masalah utama yang menyebabkan ketidakpuasan konsumen PT. MULCINDO adalah pada faktor Product Quality, yaitu adanya cacat pelapisan kurang sempurna pada produk yang dihasilkan. Selanjutnya diberikan usulan perbaikan untuk mengurangi jumlah produk cacat pelapisan kurang sempura dan usulan tersebut diimplementasikan. Basil implementasi usulan perbaikan berupa penurunan jumlah produk cacat pelapisan kurang sempurna, yaitu yang semula 4 produk/hati menjadi 2 produk/hari untuk Hot Dip Galvanis dan 2 produk/hari menjadi 1 produk/hari untuk Electro Plating. Dari faktor Cost terjadi penurunan HPP sebesar 0,16 % untuk Hot Dip Galvanis dan 0,27 % untuk Electro Plating. Dari faktor Delivery terjadi penurunan jumlah produk yang terlambat sebesar 13,06 % untuk Hot Dip Galvanis dan 9,48 % untuk Electro Plating.