Analisa Perilaku Konsumen Bola Lampu Merek Chiyoda

Main Author: Tan, Megawati
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: UNKNOWN , 1997
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232162
http://repository.ubaya.ac.id/4565/
Daftar Isi:
  • Kondisi persaingan lampu-lampu pijar dan TL yang sangat ketat, menuntut P.T. Sinar Angkasa Rungkut (SAR) untuk benar-benar menerapkan suatu strategi pemasaran yang berorientasi pada selera dan kebutuhan konsumen. Selama ini P.T. SAR di dalam memasarkan produknya, perusahaan menerapkan strategi yang sama untuk tiap jenis lampu dengan anggapan konsumen lampu mempunyai kebutuhan dan selera yang relatif sama. Padahal dalam kondisi persaingan yang relatif ketat, pengetahuan mengenai perilaku konsumen memegang peranan yang cukup vital untuk menentukan berhasil tidaknya suatu strategi pemasaran. Keadaan-keadaan ini dapat mengakibatkan perusahaan menjalankan strategi bersaing yang kurang tepat baik dalam membidik pasar sasaran yang ditujunya maupun dalam usaha meluaskan pangsa pasarnya. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka perlu sekali dilakukan penelitian mengenai perilaku konsumen lampu Chiyoda, baik berkaitan dengan profil konsumen, harapan konsumen mengenai sebuah lampu yang ideal, faktor-faktor yang mempengaruhi harapan tersebut,dan tanggapan mereka mengenai produk lampu Chiyoda. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada rumah tangga-rumah tangga yang ada di wilayah Surabaya dengan metode Sampling Area. Dari data yang terkumpul ini, dilakukan pengolahan dan analisa secara bertahap sebagai berikut, Tahap I : ditujukan untuk mengetahui pengenalan dan pemakaian lampu Chiyoda dan berbagai macam lampu merek lainnya oleh konsumen. Tahap II : ditujukan untuk mengetahui keterkaitan antara faktor-faktor demografi, psikografi, dan pilihan lampu terhadap harapan konsumen akan sebuah lampu ideal, Tahap III : ditujukan untuk mengetahui kualitas produk dari lampu Chiyoda, Tahap IV & V : ditujukan untuk mengetahui karakteristik dari konsumen Chiyoda didasarkan atas kepuasan mereka terhadap atribut-atribut lampu Chiyoda. Dari berbagai tahap pengolahan dan analisa tersebut akan dapat dirancang suatu strategi pemasaran untuk lampu Chiyoda yang berorientasi pada konsumen. Sehingga dengan strategi ini diharapkan lampu Chiyoda akan dapat mempertahankan konsumen yang telah ada dan merebut pasar yang lebih luas.