Faktor-faktor yang Memengaruhi Online Purchase Intention pada Pengguna Shopee di Indonesia

Main Author: Nagatan, Nicholas Adrian
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/43998/
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267044
Daftar Isi:
  • Pada era revolusi industry 4.0 ini, teknologi terus berkembang pesat. Salah satu perkembangan teknologi ini adalah adanya e-commerce, dimana masyarakat bisa membeli produk yang mereka perlukan atau inginkan secara online melalui aplikasi di HP mereka, salah satu aplikasi e-commerce yang ada di Indonesia adalah Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi online purchase intention seseorang pada Shopee Indonesia. Model penelitian ini diuji secara empiris dengan menggunakan kuesioner online yang telah terkumpul sebanyak 401 responden. Data dianalisis dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel perceived usefulness of online review dan trust merupakan faktor terpenting dan berpengaruh positif terhadap niat membeli secara online di Shopee Indonesia. Satu variabel lain, yaitu perceived risk memiliki pengaruh negatif yang signifikan pada niat membeli secara online di Shopee Indonesia.