Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Pengguna M-commerce Shopee di Indonesia

Main Author: Kusumo, Gilbert Verrel
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2023
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/43990/
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267036
Daftar Isi:
  • Lingkungan bisnis mengalami perubahan karena adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat. Perubahan pada lingkungan bisnis mendorong munculnya tren bisnis yang disebut e-commerce. Mayoritas pengguna e-commerce melakukan transaksi melalui aplikasi di perangkat mobilenya (m-commerce). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pemicu niat konsumen untuk menggunakan m-commerce Shopee di Indonesia. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) yang diperluas dengan menggunakan 8 variabel yang terdiri dari performance expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, habit, perceived trust, perceived security, dan behavioral intention. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui survei secara online, didapat sebanyak 250 data responden yang sesuai kriteria. Data dianalisis menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) dan menggunakan software AMOS Graphic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performance expectancy, facilitating condition, hedonic motivation, habit, perceived trust berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention pengguna Shopee di Indonesia. Habit ditemukan menjadi variabel yang paling signifikan sebagai penentu terhadap niat perilaku pengguna m-commerce Shopee Indonesia. Pengaruh social influence terhadap behavioral intention ditemukan berpengaruh negatif signifikan dan variabel perceived security tidak signifikan terhadap behavioral intention