Pengaruh Program Pendidikan Individual (PPI) Komprehensif terhadap Hasil Belajar SiswaBorderline Intellectual Functioning (BIF) dengan Keterampilan Mengajar Inklusi sebagai Mediator
Main Author: | Kartika, Aniva |
---|---|
Format: | Patent NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/43906/ https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/c?code=ZTYwNmUyMmYzZWYwMDc4ZDRjY2Q5MzRkMTdjOWVjYzkK |
Daftar Isi:
- Karya tulis disertasi program doktor psikologi yang menguji efektivitas Program Pendidikan Individual (PPI) Komprehensif terhadap hasil belajar siswa Borderline Intellectual Functioning melalui mediasi keterampilan mengajar inklusi pada guru-guru pendamping khusus dan guru-guru kelas reguler di sekolah dasar inklusi. Penelitian dilakukan dengan metode Single case experimental A-B-A design. Teknik analisis data dilakukan melalui uji pengaruh menggunakan Visual PLS, uji beda menggunakan Wilcoxon Signed rank dan analisis visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan individual Komprehensif mempengaruhi keterampilan mengajar inklusi, namun keterampilan mengajar inklusi tidak berpengaruh pada hasil belajar siswa BIF.