Perancangan Peningkatan Loyalitas Konsumen Smartphone Samsung Kelas Mid Range dengan Metode Markov Chain and Quality Function Deployment (QFD)
Main Author: | Gondo, Frederick Michael |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/43733/ http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266925 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat loyalitas pengguna smartphone Samsung kelas mid-range, mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat loyalitas dan menganalisis cara untuk meningkat loyalitas. Pangsa pasar smartphone Samsung secara global menduduki peringkat pertama sebagai merk smartphone dengan penjualan terbanyak. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan yang terjadi di Indonesia dimana pangsa pasar Samsung telah digeser oleh smartphone Tiongkok yaitu OPPO. Banyak pengguna smartphone di Indonesia yang lebih memilih merek Tiongkok karena harga yang lebih murah, variasi yang lebih banyak, kemudahan penggunaan dan adanya trend. Penelitian ini menggunakan elaborasi teori analisis tingkat loyalitas oleh Kotler dan Keller, Markov Chain, dan Quality Function Deployment. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Analisis data didasarkan pada kuesioner online dengan responden dipilih secara terencana (purposive sampling). Responden dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna smartphone Samsung memiliki tingkat loyalitas dengan gabungan antara like the brand dan switcher dengan faktor dominan pemilihan smartphone merek Samsung adalah brand image perusahaan Samsung itu sendiri, spesifikasi produk yang lebih canggih dan harga yang murah. Frekuensi perpindahan yang dominan terjadi pada masa 6-9 bulan penggunaan sebanyak 37 responden dan 3-6 bulan masa penggunaan sebanyak 18 responden. Hasil turn-in market share pada periode ke-16 adalah Samsung sebesar 5,4 , Oppo sebesar 42 , Vivo sebesar 4,5 , Xiaomi sebesar 20,5 dan Apple sebesar 27,4 . Apabila membandingkan turn-in market share Samsung pada periode pertama dan dalam keadaan equilibrium akan didapatkan penurunan sebesar 80,1 penggunanya pada masa 4 tahun mendatang.