Peningkatan Pengetahuan Warga Mengenai Gizi Seimbang Menggunakan Kerangka Kerja Theory Of Planned Behavior (TPB)

Main Author: Quincy, Lisungan Angeline
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Educational Psychology and Counseling Guidance, Faculty of Education, Universitas Negeri Medan , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/43421/
https://doi.org/10.24114/konseling.v21i2.42296
Daftar Isi:
  • Masalah gizi yang terjadi pada anak-anak di Indonesia masih merupakan sebuah masalah yang belum bisa teratatasi dengan baik dan tertinggal jika dibandingkan dengan negara yang lain. Penyebab utamanya dikarenakan adanya kesalahpahaman terhadap konsep gizi seimbang. Dilanjutkan dengan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap cara mengolah dan menyimpan bahan makanan dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah pemberian pelatihan yang mencakup aspek pengetahuan, perilaku dan keyakinan dari Ibu-ibu di salah satu lingkungan yang ada di salah satu kota besar di Indonesia dengan analisis berdasarkan theory of planned behavior. Pelatihan dirangkai dalam satu rangkaian yang disebut dengan “BERMUDAH (Bergizi, Murah dan Mudah) yang terdiri dari pemaparan pengetahuan mengenai gizi seimbang, cara mengolah dan menyimpan makanan dengan benar, demo masak dari informan yang relevan pada bidang masak dan gizi, serta roleplay untuk menduplikasi hidangan sehat yang dicontohkan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat memunculkan perilaku baru serta niat untuk memperhatikan kecukupan gizi anggota keluarga, serta perlunya menyesuaikan jenis-jenis intervensi yang akan diberikan dengan latar belakang demografis peserta