Eco-Friendly Packaging: Literatur Reviews

Main Author: Dewi, Hayuning Purnama
Format: Proceeding NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/43255/
Daftar Isi:
  • Masyarakat global memiliki pandangan yang luas tentang pentingnya kelestarian lingkungan, sehingga mereka cenderung menjadi konsumen hijau dengan memilih produk yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan kemasan yang sulit terurai seperti plastik. Oleh karena itu, kemasan ramah lingkungan dapat menjadi salah satu atribut dalam kegiatan green marketing. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran sejauh mana konsep kemasan ramah lingkungan merupakan kajian dalam upaya green marketing yang sedang giat dilakukan oleh para pelaku industri di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui analisis studi kepustakaan. Tinjauan pustaka dilakukan dengan menggunakan teknik Bibiliometrik melalu sofware VosViewer. Kata kunci yang digunakan antara lain “Eco-Packaging”, “Green Marketing”, “Green Promotion”. Penelitian ini menyarankan dan menjelaskan pentingnya kemasan ramah lingkungan sebagai salah satu alat dalam mengimplementasikan konsep green marketing dan memberikan panduan bagi peneliti untuk merencanakan hipotesis dalam penelitian masa depan berdasarkan research gaps.