Faktor Pendorong Niat Pembelian Fitur In-Game PUBG Mobile Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia

Main Authors: Meiliani, Meiliani, Setyawan, Andhy, Indarini, Indarini
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/43253/
Daftar Isi:
  • Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai dampak dalam kehidupan masyarakat, tak terkecuali perilaku konsumen. Adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) saat pandemi membuat masyarakat memilih tinggal dan beraktivitas dari rumah saja. Hal ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya penggunaan mobile game untuk mengisi waktu luang dan mengurangi kebosanan saat di rumah. PUBG Mobile menjadi salah satu online mobile game yang paling banyak diminati dan menyebabkan kecanduan dikalangan masyarakat Indonesia. Peningkatan intensitas bermain dapat memicu para pemain untuk melakukan pembelian dalam game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari online mobile game addiction dan online mobile game loyalty terhadap niat pembelian in-game features dalam PUBG Mobile. Penelitian melibatkan 351 responden yang aktif bermain dan melakukan pembelian in-game features dalam PUBG Mobile. Data dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa online mobile game addiction dan online mobile game loyalty memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian in-game features pada PUBG Mobile selama masa Pandemi COVID-19 di Indonesia.