Peningkatan Kualitas Layanan dengan Pendekatan Servqual, Kano, dan Qfd Serta Perancangan Perbaikan Strategi Pemasaran di Ayam Bakar Pak ?EUR~d?EUR(TM) Sidoarjo

Main Author: Prasetya, Danny
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/42724/
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/266177
Daftar Isi:
  • Di Indonesia, industri kuliner sangat berkembang pesat dan khususnya di kabupaten Sidoarjo industri kuliner terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dengan banyaknya restoran atau rumah makan yang berdiri di kabupaten Sidoarjo, dipastikan persaingan di industri kuliner semakin ketat di kabupaten Sidoarjo. Ayam Bakar Pak D Sidoarjo merupakan rumah makan yang menyediakan makanan olahan ayam dan ikan di Sidoarjo yang telah berdiri sejak tahun 2016. Selama berdirinya rumah makan Ayam Bakar Pak D Sidoarjo sampai sekarang masih terdapat beberapa masalah yang belum terselesaikan dan masalah tersebut sering menjadi keluhan konsumen. Untuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh Ayam Bakar Pak D Sidoarjo juga dinilai kurang adanya inovasi. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kualitas layanan dan strategi pemasaannya maka Ayam Bakar Pak D Sidoarjo perlu mengetahui kepuasan konsumen saat ini serta apa saja kebutuhan konsumen yang harus dipenuhi. Maka metode yang digunakan untuk memperbaiki kualitas layanan yang ada di Ayam Bakar Pak D Sidoarjo menggunakan SERVQUAL, Kano, dan QFD. Untuk memperbaiki strategi pemasaran yang ada pada Ayam Bakar Pak D Sidoarjo metode yang digunakan adalah analisis SWOT, STP, dan Marketing Mix. Setelah dilakukan pengumpulan data, selanjutnya melakukan perhitungan gap 5 dan nilai skor kepuasan pada tiap atribut. Setelah itu melakukan penentuan atribut layanan sesuai kategori Kano. Atribut dengan kategori attractive dan one dimensional akan masuk kedalam analisis HOQ sebagai prioritas untuk diperbaiki. Dengan menggunakan metode QFD diperoleh 8 usulan perbaikan kualitas layanan dan dengan menggunakan analisis SWOT, STP, dan Marketing Mix diperoleh 5 usulan perbaikan strategi pemasaran