Hubungan Literasi Digital dan Dukungan Sosial dengan Self-regulated Learning pada Mahasiswa di Masa Pandemi
Main Author: | Utari, Amalia Yuli |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/42467/ http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265498 |
Daftar Isi:
- Self-Regulated Learning merupakan kemampuan dalam mengatur pikiran, perasaan dan tindakan diri sendiri dalam mencapai tujuan pembelajaran. SelfRegulated Learning sangat penting bagi siswa untuk mencapai tujuan belajar. Namun, tidak semua siswa memiliki Self-Regulated Learning yang cukup baik. Banyak faktor yang mempengaruhi Self-Regulated Learning mahasiswa, yaitu ada literasi digital sebagai faktor personal dan dukungan sosial merupakan faktor lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara Literasi Digital dan Dukungan Sosial dengan Self-Regulated Learning. Partisipan dalam penelitian ini adalah 294 mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Surabaya angkatan 2017-2021. Data diperoleh dengan menggunakan angket tertutup berupa skala Literasi digital,Dukungan sosial dan Self-Regulated Learning serta pertanyaan terbuka yang menggali faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi Self-Regulated Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Spearman rho. Analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara Literasi digital dengan Self-Regulated Learning, dengan r=0.439 dan p=0.000 (p0.05), sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Sedangkan Dukungan sosial dengan Self-Regulated Learning mendapatkan hasil r=0.325 p=0.000 (p0.05), hipotesis juga diterima.Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tingkat usia dapat mempengaruhi Self-Regulated Learning. Diharapkan dalam penelitian selanjutnya dapat mengkaji faktor-faktor lain yang lebih berperan penting dalam Self-Regulated Learning seperti motivasi dalam belajar.