Pengaruh Persepsi Nutritional Content, Sensory Appeal, Price Terhadap Attitude dan Purchase Intention pada Frozen Meat di Pulau Jawa

Main Author: Johanes, Edwin
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/42460/
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265483
Daftar Isi:
  • Tingkat konsumsi masyarakat terhadap komoditas daging masih tergolong rendah. Padahal daging sapi mengandung zat gizi yang proteinnya sangat tinggi dan juga asam amino yang sangat berguna untuk tubuh manusia. Salah satu produk olahan daging sapi yang terkenal adalah frozen meat. apalagi di masa pandemi seperti sekarang frozen meat merupakan salah satu alternatif untuk memasak di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penduduk di pulau jawa dalam mengonsumsi frozen meat. Digunakan sebanyak 300 responden yang pernah membeli atau mengonsumsi frozen meat, berdomisili di Pulau Jawa, serta berusia 18 tahun. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software AMOS 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil bahwa perceived nutritional content dan perceived sensory appeal berpengaruh positif signifikan terhadap attitude sedangkan perceived price berpengaruh negatif signifikan terhadap attitude. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perceived sensory appeal, dan attitude berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention sedangkan perceived price berpengaruh negatif signifikan terhadap purchase intention. Perceived nutritional content tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.