Hubungan antara Stres Akademik dan Dukungan Sosial Teman dengan Flow Akademik Mahasiswa (Relationship between Academic Stress and Peer Social Support with Student Academic Flow)

Main Authors: Budiani, Anastasia Hanugrah, Pandjaitan, Lena Nessyana, Yuwanto, Listyo
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Psychology, Universitas Pancasila , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/42272/
https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/mindset/article/view/1603
Daftar Isi:
  • Flow akademik terjadi ketika individu mampu berkonsentrasi penuh, menikmati dan memiliki motivasi secara internal dalam menjalani proses akademik. Namun pada kenyataannya mahasiswa sering kesulitan merasakan flow sehingga kurang dapat menghayati kehidupan akademiknya. Oleh karena itu, melalui penelitian ini flow akademik akan dilihat hubungannya dengan stres akademik dan dukungan sosial teman guna melihat variabel yang dapat mendukung terjadinya flow akademik. Data yang digunakan berasal dari 176 mahasiswa Fakultas Psikologi yang dipilih menggunakan teknik haphazard sampling. Data tersebut kemudian diolah menggunakan analisis korelasi non-parametrik. Penelitian ini memiliki hipotesis bahwa stres akademik akan berkorelasi negatif dan dukungan sosial akan berkorelasi positif dengan flow akademik. Hasilnya, flow akademik dengan stres akademik berkorelasi -0,167 (p=0,013) dan dukungan sosial berkorelasi positif 0,226 (p=0,001). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kedua hipotesis diterima dan dukungan sosial teman memiliki sumbangan variabel yang lebih besar yaitu 5,1% daripada stres akademik yaitu 2,8% dalam mendukung terjadinya flow akademik