Faktor-Faktor Penentu yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Mobile Payment

Main Authors: Limantoro, Eric Prasetya, Anandya, Dudi
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Merdeka Malang , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/42198/
https://doi.org/10.26905/jbm.v9i1.7416
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Perceived Security, Perceived Compatibility, User Mobility, Personal Innovativeness, Social Norms, dan Social Self Image terhadap Intention To Use Mobile Payment pada konsumen Gopay di Surabaya. Pada penelitian ini menggunakan Sampel dari 170 pelanggan konsumen Gopay di Surabaya dimana pada saat pengambilan sample menggunakan Teknik non probability sampiling yaitu Sampling Purposive, selanjutnya data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuisioner secara online dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Security, Perceived Compatibility, User Mobility berpengaruh positif signifikan terhadap Perceived Usefulness tetapi untuk Personal Innovativeness tidak berpengaruh positif terhadap Perceived Usefulness sebagai mediasi sedangkan untuk pengaruh mediasi Perceived Ease of Use diperoleh hasil bahwa Perceived Security, Perceived Compatibility, User Mobility tidak berpengaruh positif tetapi untuk Personal Innovativeness berpengaruh positif signfikan terhadap Perceived Ease Of Use, untuk hasil pengaruh mediasi Perceived Usefulness dan Perceived Ease Of Use tidak mempengaruhi hubungan antara Perceived Security, Perceived Compatibility, User Mobility, Personal Innovativeness terhadap Intention To Use Mobile Payment, terakhir untuk pengaruh social norms dan social self image berpengaruh positif signifikan terhadap Intention To Use Mobile Payment. Kata Kunci: Intention To Use Mobile Payment, Perceived Compatibility, Perceived Security, Personal Innovativeness, User Mobility