Pengaruh Consumer Traits dan Situational Factors Terhadap Online Impulse Buying Masyarakat Surabaya pada Shopee di Masa Pandemi Covid-19
Main Author: | Chevonee, Felisca |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/42151/ http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265198 |
Daftar Isi:
- Semakin banyak pengguna internet di Indonesia selama pandemi Covid-19 dan perilaku berbelanja masyarakat berubah dari offline menjadi online. Banyak toko ritel yang memperluas pangsa pasar dengan menambah toko online dan penjualan di e-commerce Indonesia semakin meningkat saat pandemi Covid-19. Masyarakat yang semakin konsumtif selama masa pandemi Covid-19 memunculkan kebiasaan baru yaitu berbelanja online secara impulsif. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen Shopee di Surabaya dan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh consumer traits dan personality factors terhadap keinginan untuk berbelanja secara impulsif pada platform Shopee. Faktor tersebut terdiri dari pengaruh impulse buying tendency, shopping enjoyment tendency, consumer mood, persons situation, website quality, motivational activities by retailers, dan product attributes terhadap online impulse buying. Data dari penelitian ini melibatkan 339 responden yang dianalisa dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga hipotesis yang diterima yaitu impulse buying tendency, consumer mood, dan motivational activities by retailers terhadap online impulse buying.