Strategi Public Relations Hotel Budget di Surabaya Dalam Membentuk Brand Loyalty

Main Author: Dewi, Hayuning Purnama
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Surabaya , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/41865/
https://journal.ubaya.ac.id/index.php/soshum/article/view/4911
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan humas hotel budget dalam bersaing di industri perhotelan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradikma deskriptif. Penelitian ini mendiskripsikan strategi public relations hotel budget untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar strategi public relations adalah hotel budget di Surabaya dalam menciptakan brand loyalty dilakukan oleh internal dengan baik, namun belum optimal. Untuk hotel budget di Surabaya kurang dalam melakukan review yang berkaitan dengan outdoor, misalnya ballroom dance, tempat parkir, tempat meeting, dan lain-lain yang menunjang untuk multifungsi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses strategi public relations hotel budget di Surabaya masih terbatas pada fasilitas kamar dan fasilitas penunjang. Selain itu dapat diketahui pada hotel budget di Surabaya masih mencapai kematangan dari brand loyality pada tingkat satisfied buyer. Oleh karena itu, manajemen perlu melakukan evaluasi pada strategi public relations yang telah diterapkan. Selain itu, hotel di Surabaya masih membutuhkan strategi pengembangan kehumasan untuk menciptakan brand loyalty hingga mencapai tingkat committed buyer. Ketika pelanggan sudah setia, mereka akan selalu datang kembali untuk menginap di hotel yang ditawarkan di situs Traveloka.