Pelatihan Intentional Self-Regulation “Let’s Regulate Ourselves!” Untuk Meningkatkan School Engagement Pada Siswa SMA “X” Surabaya
Main Authors: | Pramesthi, Marta Dyah, Wicaksono, Levina |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan – Universitas Negeri Medan
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/41103/ |
Daftar Isi:
- Pemeriksaan dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMA Negeri X Surabaya, tepatnya kelas XI IPS 3, yang berkaitan dengan keterlibatan siswa di sekolah (school engagement). Hasil asesmen menunjukkan bahwa siswa masih kurang memiliki pengetahuan tentang strategi belajar (cognitive engagement), kurang memiliki pemahaman dan pengontrolan diri mengenai perilaku yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran (behavioral engagement), serta kurang memiliki motivasi untuk terlibat dalam kegiatan belajar mengajar (emotional engagement). Oleh karena itu, pelatihan mengenai intentional self-regulation disajikan kepada para siswa. Pelatihan ini dibawakan oleh dua trainer yang bertanggungjawab untuk menyajikan sesi I hingga VI yang berisikan materi tentang dimensi intentional self-regulation, yaitu selection, optimization, dan compensation. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi perubahan pengetahuan sebelum dan setelah diberikan pelatihan sebab terdapat peningkatan skor school engagement sebagian besar peserta. Namun, pelatihan belum memberikan dampak sebab hasil follow-up menunjukkan bahwa peserta pelatihan belum mampu menerapkan materi pelatihan, yaitu intentional self-regulation, ke dalam kehidupan sehari-hari.