Lapor Sebagai Media Komunikasi Publik Terintegrasi Dinas Kominfo dan Statistik Ponorogo

Main Author: Azizah, Ambarsari Hasnaa Nur
Format: Monograph PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Politeknik Ubaya , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/40573/
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262768
Daftar Isi:
  • Pemerintah telah menetapkan seluruh aktivitas yang dilakukan secara transparan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menerapkan e-Government. Dinas Kominfo kabupaten Ponorogo telah menyediakan layanan LAPOR untuk melakukan aktivitas administrasi dan pelayanan publik kepada masyarakat. Dalam kondisi pandemi, layanan LAPOR merupakan fasilitas utama untuk mengurangi kontak langsung masyarakat dan petugas administrasi dalam menyelesaikan pengurusan dokumen. Pengamatan dilakukan untuk mengukur kualitas layanan LAPOR yang telah disediakan. Data penelitian dikumpulkan berdasarkan hasil survei yang telah disampaikan kepada para pengguna. Sebanyak 162 buah data survei yang didapat kemudian diolah mengunakan metode statistik kualitatif. Uraian dalam laporan ini bertujuan untuk menawarkan alternatif solusi agar layanan LAPOR menjadi lebih baik lagi. Alternatif solusi yg dapat dilakukan adalah melakukan sosialisasi, promosi pada media sosial, meningkatkan koordinasi kepada administrator Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) serta membuat video promosi yang kreatif tentang LAPOR.