Pelatihan Coping Strategies “Yes, I’ am Strong” untuk Meningkatkan Ketangguhan/Hardiness pada Siswa SMA Taruna Surabaya
Main Authors: | Wulandari, Rini, Fieliani O, Christina |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/39900/ |
Daftar Isi:
- Hardiness/ketangguhan merupakan bagian dari karakteristik kepribadian yang berperan sebagai sumber perlawanan dalam menghadapi berbagai peristiwa menekan dalam kehidupan. Secara umum, ketangguhan terdiri dari tiga aspek, yaitu: commitment, control, dan challenge yang akan memengaruhi interpretasi serta pemahaman individu untuk dapat adaptasi saat menghadapi kejadian yang penuh tekanan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pelatihan coping strategies dalam meningkatkan ketangguhan/hardiness siswa SMA Taruna. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Partisipan pada pelatihan ini adalah siswa SMA Taruna kelas X dan XI dengan jumlah 15 siswa. Pelatihan ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan menggunakan skala Dispositional Resilience Scale (DRS-15) untuk mengukur tingkat hardiness yang disusun oleh Bartone dan Brief COPE untuk mengukur tingkat coping strategies yang disusun oleh Carver yang diberikan sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan adanya perubahan pada tingkat pengetahuan peserta sebanyak 53,33%. Sedangkan pada tingkat ketangguhan tidak terjadi perubahan yang signifikan pada peserta yakni hanya terdapat 6,67% peserta yang mengalami peningkatan hal ini disebabkan karena untuk menjadi individu yang tangguh dibutuhkan proses yang cukup panjang dan juga sesi pelatihan yang lama untuk melihat perubahan pada tingkat ketangguhan individu.