Pelatihan Kecerdasan Emosi “Excellent Your Emotions” Untuk Meningkatkan Teacher’s Performance Pada Guru Sd Islam “X” Surabaya

Main Author: Gabrielle, Angel
Format: Article NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/39845/
Daftar Isi:
  • Pemeriksaan dilakukan berdasarkan kendala yang dialami oleh para pengajar dalam mengajar dan menghadapi siswa-siswinya di kelas. Berdasarkan hasil asesmen, menunjukkan bahwa kendala yang dialami guru meliputi kurangnya penerapan aturan dan pengendalian kelas, metode dan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi, kurangnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam memberikan arahan serta motivasi bagi siswa yang bermasalah dalam akademik dan pada siswa yang tidak mau mengerjakan tugas juga menjadi kendala guru di SD Islam “X”. Mengajar merupakan praktik emosional yang melibatkan hubungan emosional, pemahaman emosional dan kerja emosional yang penting dalam lingkungan kelas. Oleh karena itu, pada kasus di SD Islam “X” ini, peneliti memberikan pelatihan kecerdasan emosi untuk membantu meningkatkan kinerja guru SD Islam “X” yang terbagi dalam 6 sesi. Berdasarkan hasil evaluasi learning kecerdasan emosi menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan (sig. 0,000 < 0,05). Keseluruh peserta mengalami perubahan yaitu dalam hal pemahaman mengenai kecerdasan emosi, dari yang belum mengetahui sampai pada paham, walaupun belum sepenuhnya karena tidak ada peserta yang mencapai nilai benar semua.