Faktor yang Mempengaruhi Green Purchase Behavior Generasi Milenial di Indonesia

Main Authors: Sutikno, Vania, Anandya, Dudi
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN "Veteran" Jawa Timur , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/39827/
http://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/161
Daftar Isi:
  • Dampak yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan membuat generasi milenial menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, misalnya beralih mengonsumsi produk yang lebih ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku konsumen milenial di Indonesia terkait dengan attitude, subjective norm, perceived behavioral control, environmental concern, green purchase intention, willingness to pay premium, beserta pengaruhnya pada green purchase behavior. Responden pada penelitian ini berjumlah 141 orang, yang diambil dari generasi milenial di Indonesia yang pernah membeli produk ramah lingkungan dan terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Data yang didapatkan kemudian dianalisa menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program SPSS 18.0 dan AMOS 22.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase intention, perceived behavioral control tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase behavior, green purchase intention berhubungan positif dan signifikan terhadap green purchase behavior, environmental concern berpengaruh positif terhadap attitude, subjective norm, perceived behavioral control, dan green purchase intention, serta tidak ada pengaruh moderasi dari willingness to pay premium terhadap hubungan antara green purchase intention dan green purchase behavior.