Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Generasi Milenial Pada Produk Pangan Organik
Main Authors: | Trikadibusana, Trikadibusana, Angelina, Anindya, Secapramana, Laurentia Verina Halim |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Respati Indonesia
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/39788/ http://dx.doi.org/10.52643/jam.v11i1.1279 |
Daftar Isi:
- Produk pangan organik merupakan produk yang semakin diminati oleh generasi milenial. Generasi milenial telah memasuki usia produktif dan akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Penelitian ini mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli generasi milenial pada produk pangan organik. Theory of planned behavior dipilih sebagai kerangka teori utama pada penelitian ini bersama dengan beberapa variabel lain (environmental concern dan health consciousness) yang ditambahkan dalam model penelitian untuk memperluas penerapan theory of planned behavior. Data diperoleh dari dua ratus sebelas responden dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived behavioral control, attitude, dan health consciousness berpengaruh positif dengan hasil signifikan terhadap minat beli. Namun, subjective norm dan environmental concern ditemukan tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat beli generasi milenial pada produk pangan organik.