Hubungan Relasi Siswa-Guru dan Penyesuaian terhadap Sekolah pada Siswa di SMPN 22 Surabaya

Main Author: Tambun, Imagodei Chrishasiholan
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/39596/
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/261259
Daftar Isi:
  • Dalam kegiatan bersekolah perbedaan latar belakang terkadang membuat para siswa/i kesulitan dalam melakukan penyesuaian diri di lingkungan sekolah. Penting bagi siswa untuk mendapatkan dukungan sosial khususnya relasi antara siswa dengan guru untuk membantu siswa dalam melakukan penyesuaian terhadap sekolah. Hipotesis penelitian ini, yaitu adanya hubungan relasi siswa - guru dan penyesuaian terhadap sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hubungan kuantitatif yang melibatkan 161 partisipan dari SMPN 22 Surabaya. Karakteritik siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 dengan rentang usia 13 – 15 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya korelasi positif antar kedua variabel dengan nilai signifikansi pearson r = 0,242; p = 0,002 (p ≤ 0,05) dari hasil penelitian ini terbukti bahwa guru memainkan peran penting terhadap penyesuaian siswa di sekolah. Dalam penelitian ini juga didapatkan adanya asosiasi variabel perilaku dan dukungan sosial (guru) dengan variabel keterlibatan sekolah siswa dalam uji asosiasi.