Pengaruh e-WOM terhadap travel intention, travel decision, city image dan attitude berkunjung di kota wisata (The Effect of e-WOM on Travel Intention, Travel Decision, City Image, and Attitude to Visit a Tourism City)
Main Authors: | Gosal, J, Andajani, Erna, Rahayu, Siti |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/39524/ https://www.atlantis-press.com/proceedings/insyma-20/125933176 |
Daftar Isi:
- Media sosial merupakan salah satu bentuk e-WOM yang sangat berperan di industry pariwisata. Sharing informasi melalui instagram dapat menimbulkan travel intention dan travel decision. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh e-WOM terhadap travel intention dan travel decision melalui city image dan attitude. Penelitian ini dilakukan di salah satu kota wisata terbesar di Indonesia, Bandung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian causal dan menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non-probabilty sampling dengan type Purposive Sampling. Pengolahan data menggunakan teknik analisis SEM dan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM memiliki pengaruh signifikan terhadap attitude, city image, travel intention dan travel decision. Variabel Attitude berpengaruh signifikan terhadap city image dan travel intention. Travel intention berpengaruh signifikan terhadap travel decision. Namun variable City image tidak memiliki pengaruh terhadap travel intention.