Analisis Perilaku Konsumen di Supermaket Bromo

Main Author: Wailanduw, Merley
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed
Terbitan: UNKNOWN , 1999
Subjects:
Online Access: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232255
http://repository.ubaya.ac.id/3858/
Daftar Isi:
  • Semakin pesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia menyebabkan kebutuhan primer manusia (kebutuhan sehari-hari) meningkat pula. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia, maka bisnis dibidang retailpun semakin banyak dan berkembang.Hal ini terbukti dengan semakin banyak dirikannya supermarket atau pasar swalayan.Dengan semakin banyaknya supermarket yang ada maka pihak Supermarket Bromo dituntut untuk dapat mengetahui karakteristik dari konsumen yang berbelanja di Supermarket Bromo supaya dapat menerapkan strategi yang cocok pada segmen yang dituju sehingga dapat bersaing dengan supermarket-supermarket yang lain. Sehingga dengan kata lain pihak Supermarket Bromo harus cepat tanggap terhadap karakteristik dan keinginan/harapan konsumen sehingga dapat menerapkan strategi yang cocok berdasarkan target market yang ingin diraih. Dari hasil pengolahan data. dengan Analisis Cluster, diperoleh 2 segmen berdasarkan. tingkatan loyalitas yaitu segmen pertama dengan tingkatan loyalitas tinggi yang didominasi dengan gaya hidup Socialitie. Dan segmen kedua dengan tingkatan loyalitas rendah yang didominasi dengan gaya hidup Achievers. Dimana pada kedua segmen tersebut masih terdapat ketidakpuasan pada setiap dimensi Service Quality yang ada, terutama pada dimensi Empathy. Adapun analisis perbaikan yang harus diperhatikan yaitu pada variabel­ variabel yang terletak pada kuadran IV dan variabel-variabel yang mewakili dimensi Empathy yaitu diadakannya promosi yang beraneka ragam, tersedianya fasilitas penunjang yang lengkap, pendekatan pramuniaga kepada pelanggan baik, mutu produk selalu terkontrol. Pada penelitian Tugas Akhir ini, dicoba untuk menyusun strategi perbaikan yaitu berupa analisis perbaikan pada variabel Service Quality yang terdapat pada kuadran IV berdasarkan segmen yang telah diamati.