Efektifitas Pelatihan Kecerdasan Emosional untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Remaja Panti Asuhan

Main Authors: Wijaya, Rebecca Surya, Putri, Gazhella Stefy, Pandjaitan, Lena Nessyana
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Universitas Setiabudi , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/38058/1/Jurnal%20Rebecca%2D154117510.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/38058/7/1.%20LOA%20PSIKOHUMANIKA.pdf
https://doi.org/10.31001/j.psi.v12i1
http://repository.ubaya.ac.id/38058/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja panti asuhan Harapan melalui pelatihan kecerdasan emosional. Aspek kecerdasan emosional yang diberikan adalah perceiving emotion, facilitating thought with emotion, understanding emotion, dan managing emotion. Konsep pelatihan adalah experiencing learning. Materi disampaikan dalam bentuk lecturing, permainan, diskusi, tugas tertulis, refleksi, drama, presentasi, dan self record. Peserta pelatihan adalah 14 orang remaja laki-laki berusia 12-18 tahun. Desain yang digunakan adalah pre-eksperimental one group pretest-posttest. Kesejahteraan psikologis diukur menggunakan Ryff’s Psychological Well-being design. Hasil dari analisis kuantitatif adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukannya pelatihan. Hal ini berarti pelatihan kecerdasan emosional efektif meningkatkan kesejehateraan psikologis remaja laki-laki panti asuhan Harapan