Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Pengadaian di Surabaya

Main Author: Sopahella, Denis Claudia Agnes
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/37538/1/SP_2082_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/257470
http://repository.ubaya.ac.id/37538/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai pengaruh kualitas layanan, promosi, dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pegadaian di Surabaya. Pegadaian merupakan Pegadaian merupakan perusahaan negara non-bank yang bergerak dalam bidang jasa memberikan kredit yang berdasarkan hukum gadai yang berarti memberikan pinjaman kepada konsumen atau nasabahnya dengan menyerahkan barang jaminan. Kuisioner dirancang dengan menggunakan Likert Scale. Data yang digunakan data sekunder dan primer yang diperoleh dari menyebarkan kuisioner dalam bentuk angket maupun online sebanyak 100 responden. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas layanan, promosi dan kepuasan berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas nasabah sebesar 41,4% sedangkan sisanya sebesar 58,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial kualitas layanan berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas nasabah, promosi berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas nasabah sedangkan kepuasan berpengaruh tidak signifikan positif terhadap loyalitas nasabah. Walaupun kepuasan nasabah tidak berpengaruh signifikan positif tetapi tetap harus menjadi perhatian mengingat persaingan bisnis jasa keuangan saat ini yang sangat kompetitif maka harus ada upaya-upaya untuk meningkakan kepuasan nasabah.