Hubungan Prokrastinasi Akademik, SRL dan Kecemasan Tes Peminatan Jurusan Siswa Kelas X

Main Authors: Permatasari, Reviaty Wido, Pandjaitan, Lena Nessyana
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/37219/1/JURNAL%20Reviaty%20Wido%20Permatasari_Abstrak.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/37219/2/JURNAL%20Reviaty%20Wido%20Permatasari.pdf
http://repository.ubaya.ac.id/37219/
Daftar Isi:
  • Tes peminatan jurusan merupakan langkah awal yang harus dipilih dengan tepat oleh calon siswa kelas X sebagai penentu pencapaian nilai selama berada di jenjang SMA hingga lulus nantinya. Penentuan tes peminatan jurusan ini merupakan hal baru bagi siswa SMP sehingga seringkali timbul kecemasan yang dipicu oleh pola belajar yang kurang beorientasi pada tujuan belajar dan kebiasaan menunda tugas atau belajarnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara prokrastinasi akademik dengan kecemasan tes peminatan jurusan dan adanya hubungan antara self regulated learning (SRL) dengan kecemasan tes peminatan jurusan. Penelitian ini dilakukan pada 155 siswa kelas X SMA “A” dengan metode survey. Data kemudian dilakukan uji statistic dengan analisis korelasi antara variabel prokrastinasi akademik dan self regulated learning dengan kecemasan tes peminatan jurusan. Hasil penelitian menyatakan tidak ada korelasi antara prokrastinasi akademik dengan kecemasan tes peminatan jurusan dengan nilai koefisien korelasi -0.008 dan nilai signifikansi 0.917 (p>0.05). Artinya, tidak ada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan kecemasan siswa dalam tes peminatan jurusan. Sedangkan pengujian antara SRL dengan kecemasan tes peminatan jurusan berkorelasi positif sebesar 0.354 dengan sigfinikansi sebesar 0.000 (p<0.05). Artinya, semakin tinggi self regulated learning siswa maka kecemasan tes peminatan jurusan juga semakin tinggi.